Kamis, 09 Februari 2012

Sukses dengan membuat sapu.... (Kecil, sederhana, namun besar dan berarti....)

Pertama mendengar akan mengunjungi dan melakukan analisa terhadap  salah satu Usaha Kecil dan Menengah yang memproduksi sapu sepertinya kurang menarik.


Ah masa sih sapu..??  masa iya sih sapu bisa..??

Salah satu UKM  yang akan dikunjungi berlokasi di daerah Purballingga, Jawa Tengah. Seperti biasa sebelum melakukan kunjungan harus membaca artikel dan tulisan mengenai usaha sapu ini, setidaknya bisa mendapatkan informasi mengenai industri ini.  Melalui artikel dan tulisan yang di searching melalui goggle ternyata banyak sekali tulisan yang membahas mengenai usaha sapu tersebut,



Hmmm..Purbalinga, ternyata industri sapu merupakan salah satu produk unggulan dari daerah tersebut..menarik juga..

Beberapa artikel maupun tulisan banyak  menceritakan  mengenai keberhasilan usaha sapu Rayung Pelangi yang dimiliki oleh Bambang Triono.

Wah...nama usaha dan pemiliknya sama dengan data yang sudah diterima...mudah2an dan berharap inilah UKM yang akan dikunjungi....
Wah bener...!! Ternyata usaha yang akan dikunjungi sudah banyak di tulis di internet...banyak orang yang menilai dan kagum atas keberhasilan usaha ini dan pemilikinya..


Oke..menarik...berangkatttttt...

Sekilas mengenai Purbalingga (tulisan ini diabil dari beberapa artikel...)
Kabupaten Purbalingga merupakan bagian dari propinsi Jawa Tengah. Luas wilayah Kabupaten Purbalingga adalah 77.764 Ha 


Menurut Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Purbalingga bahwa Purbalingga memiliki potensi yang sangat besar yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan. Potensi-potensi itu adalah padi, kedelai, melati gambir, glagah arjuna, gula kelapa. Glagah arjuna ditanam melalui sistemtumpang sari, kata seorang petani, menghidupi ribuan orang di Kabupaten Purbalingga. Mulai dari sektor hilir hingga hulu, yakni mulai dari PT Perum Perhutani, masyarakat sekitar hutan, pengepul, para perajin sapu, pengusaha, hingga pengekspor.

Tanaman ini unggulan dari Purbalingga yang dimanfaatkan sebagai bahan industri sapu rumah untuk konsumsi domestik dan ekspor dan mampu menembus pasar ekspor ke Korea, Taiwan dan Malaysia. Menurut Dinasperindakop, industri sapu  glagah menyerap  lebih dari 2000 tenaga kerja muda. 



Pemkab Purbalingga memutuskan untuk menghentikan ekspor bahan baku produk rumah tangga ke sejumlah negara di Asia. Ekspor bahan baku secara besar-besaran diketahui telah menghancurkan sektor kerajinan atau barang jadi di daerah tersebut. Ketika ekspor bahan baku dilakukan, para perajin dan pengusaha mengalami kesulitan bahan baku di daerahnya.

 

Hampir sebagian masyarakat sudah membuat sapu secara turun temurun. Namun demikian dalam proses industri pengolahannya masih menggunakan teknologi tradisional  antara lain  dalam proses pemotongan yang masih menggunakan tangan, serta masih kurangnya daya kreatif dalam mendesain sapu agar lebih menarik dan berkualitas tinggi. 

Para perajin sapu glagah di Purbalingga mengaku kuwalahan memenuhi permintaan pangsa pasar ekspor. Sejumlah negara seperti Korea Selatan, Malaysia, dan Thailand meminta pasokan sapu glagah model ’Rayung’ dan ’Lakop’ rata-rata 200.000 buah sapu setiap bulannya.


Semua itu tak lepas dari sepak terjang Bambang Triono (32) pemiliki UD Rayung Pelangi, pionir usaha sapu di desa ini. Bambang memulai usaha membuat sapu lantai dan sapu lidi di desanya 13 tahun lalu (1997). Dia selalu dicibir. Sapu dipandang sebagai produk murahan dan tidak ada prospek.


Siapa sih Bambang Triono?? Tulisan di bawah ini saya ambil dari salah satu artikel...

Kisah Sukses Pengusaha Sapu Glagah Purbalingga
Posted by Daplun on 16 April 2011 at 13:47 in Ekonomi & Bisnis |
Purbalingga – Sejak lima tahun terakhir, Dusun Genting, Desa Karanggambas, Kecamatan Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah, dikenal sebagai sentra sapu. Setiap bulan, sebanyak 100.000 potong sapu dari desa ini dijual ke Korea Selatan, Malaysia, dan Jepang.




Semua itu tak lepas dari sepak terjang Bambang Triono (32), pionir usaha sapu di desa ini. Bambang memulai usaha membuat sapu lantai dan sapu lidi di desanya 13 tahun lalu. Dia selalu dicibir. Sapu dipandang sebagai produk murahan dan tidak ada prospek.


Dengan sepedanya, setiap hari dia keliling dari desa ke desa di Purbalingga hingga Purwokerto menjajakan sapu buatannya. “Membuat sapu 300 potong, kadang cuma laku separuh dalam sebulan,” tuturnya, beberapa waktu lalu.
Namun, Bambang tak patah semangat. Berkat kerja keras dan kreativitasnya, usaha kerajinan UD Rayung Pelangi miliknya kian berkembang. Bahkan, sapu-sapu buatannya kini diekspor ke Malaysia, Jepang, dan Korsel.


 


Kini, para tetangganya mengikuti jejaknya. Sekitar 200 warga di Desa Karanggambas bahkan menjadi karyawannya. Sebanyak 114 keluarga di Dusun Genting membuat sapu di rumahnya masing-masing dalam bentuk plasma. Sapu-sapu itu lalu disetor ke Bambang untuk dijual.
“Dengan cara itu, mereka dapat membantu ekonomi keluarganya sambil tetap bisa mengasuh anak,” kata Bambang yang mendapat penghargaan sebagai pemuda pelopor tingkat Kabupaten Purbalingga dan Provinsi Jateng tahun 2008.
 

Pilihan hidup
Bekerja membuat sapu sudah dikenal Bambang sejak kecil. Saat di sekolah dasar di desa kelahirannya, Desa Kajongan, Kecamatan Padamara, Purbalingga, dia ikut bekerja membuat sapu di rumah Sudirman, tetangganya. Dia mendapat imbalan Rp 20 per helai bulu sapu. Sehari dia mampu merapikan 100 helai. “Lumayan, sehari bisa dapat Rp 2.000,” katanya.


Lulus sekolah dasar, dia langsung bekerja karena orangtuanya tak punya biaya. Pada usia 13 tahun, dia ikut merantau ke Bandung. Di Kota Kembang itu dia bekerja sebagai tenaga kebersihan di sebuah instansi.


“Tiga tahun lebih saya bekerja di Bandung. Setelah itu saya pulang ke Purbalingga,” katanya.
Pada tahun 1997, dengan berbekal uang Rp 1,5 juta hasil bekerja selama tiga tahun di Bandung, Bambang pun memulai usaha membuat sapu.


“Membuat sapu adalah keterampilan yang saya miliki sejak kecil. Karena itu, saya memantapkan diri memilihnya sebagai jalan hidup,” katanya.


Awalnya ia membuat sapu dari bahan ijuk kelapa. Namun, karena kian sulitnya mendapat bahan baku ijuk, ia beralih ke rumput glagah yang ketersediaannya melimpah di Purbalingga serta bulunya yang lebih halus. Selain itu, ia juga membuat sapu lidi.


Pada tahun-tahun awal usaha, Bambang menjual sapunya dengan berkeliling dari kampung ke kampung naik sepeda. Dia jajakan barangnya dari rumah ke rumah. Hingga tiga tahun pertama, cara itu dijalaninya. Sapu tidak laku sudah menjadi pengalamannya setiap hari.
“Pada awal-awal, modal utama saya hanya hati yang besar sebab semua usaha ini tak mudah,” kata Bambang.


Saat berkeliling, Bambang tak sekadar menjajakan sapunya. Dia juga membangun jaringan. Hingga akhirnya, dia dipercaya menyuplai sapu ke sejumlah distributor di Purwokerto dan Purbalingga. Pada awal 2000-an, dia mampu menjual sapu-sapunya ke Tasikmalaya, Bandung, Bogor, hingga Jakarta.
Pada tahun 2002, di tengah usahanya yang kian berkembang, dia mengalami rugi besar. Dia ditipu salah seorang distributor. Selain itu, kredit usahanya macet karena uang pinjaman bank yang semestinya untuk modal usaha dipakainya untuk kredit sepeda motor.
“Itu kesalahan saya yang waktu itu masih minim pengetahuan manajerial. Hampir dua tahun saya vakum. Puluhan karyawan saya pun menganggur,” tutur bapak dua anak ini.
 

Pada tahun 2004, dia berupaya bangkit. Dia bangun kembali usahanya. Manajemen pun dibenahinya. Dia tak lagi sembarangan menggunakan uang usaha.
 

Distributor luar negeri
Pada tahun 2005, sapu Bambang menarik minat distributor sapu asal Malaysia. Distributor itu dikenalnya dari seorang temannya di Bandung, yang juga menjualkan sapunya. Bambang diminta mengirimkan sapu sebanyak 10.000 potong ke Malaysia.
 

Usahanya terus berkembang. Pada tahun 2008, permintaan ekspor pun datang dari Korea Selatan dan Jepang. Semula, pasar sapu di dua negara itu dikuasai sapu asal Myanmar.
Namun, desain yang lebih rapi dan kualitas bulu sapu yang lebih baik membuat sapu Bambang menggeser sapu Myanmar di pasaran Korea Selatan dan Jepang. 


Di Korea Selatan saja, setiap bulan Bambang mengirim sebanyak 80.000 potong sapu. “Saya mempunyai dua distributor di Korsel. Saya kirimi mereka masing-masing desain yang berbeda. Dua distributor itu pun bersaing ketat di negaranya sana. Padahal, yang dijual itu semuanya sapu buatan warga Karanggambas sini,” ungkap Bambang sambil tertawa.
 

Dari semula hanya mampu membuat sapu kurang dari 300 potong per bulan, kini Bambang sudah mampu menjual 110.000 sapu. Dari jumlah itu, 100.000 sapu di antaranya untuk pasar ekspor, sisanya untuk pasar lokal.
 

Sebenarnya, permintaan sapu dari pasar luar negeri sangat besar. Setiap bulan Bambang mendapat permintaan tidak kurang dari 200.000 potong, tetapi yang bisa dipenuhinya baru separuh.
“Keinginan saya adalah dapat memenuhi semua permintaan. Dengan cara itu, akan makin banyak pengangguran di desa ini yang terserap, dan sapu Purbalingga semakin dikenal di luar negeri,” ujarnya






Mengunjungi dan melihat langsung bagaimana usaha Rayung Pelangi...bertemu dan berbocara..bertukar pikiran dengan Bambang Triono banyak memberikan pemikiran yang selama ini tidak terpikirkan..
Pemikiran yang sederhana..namun dengan keuletan dan semangat yang besar mampu merubah segalanya menjadi lebih baik dan berarti.

     

Banyak pengalaman dan pemikiran yang bisa kita tiru dari seorang Bambang Triono...
Nah...inilah sedikit cerita menarik mengenai sorang yang mampu menciptakan  usaha yang kelihatannya kecil namun mampu menghidupi banyak keluarga dan membuka banyak lapangan kerja.

25 komentar:

  1. boleh tuh masih nerima tenaga lagi ngak boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
      Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
      Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
      Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
      jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
      Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
      TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
      silakan teman-teman, semoga Anda semua yang terbaik, Anda dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut dan bantuan melalui email saya. husseinanwar150@gmail.com
      Terima kasih

      Hapus
  2. Menarik sekali usaha pembuatan sapu ini, jadi menginspirasi saya untuk segera memulai usaha, terimakasih.

    BalasHapus
  3. Izin boleh minta alamat dan no tlp pemiliknya? Saya distributor

    BalasHapus
  4. Mas saepul bs minta nmr hp .trims

    BalasHapus
  5. mas saya punya stok sapu lidi,apa msih butuh sapu lidi?,,trms

    BalasHapus
  6. Mas ... Bisa minta No. Telfon atau alamatnya.
    kirim ke maftuh168@gmail.com

    BalasHapus
  7. saya lagi butuh sapu lidi dari kelapa dan sapu lidi dari kayu untuk partai besar untuk di kirim ke luar
    negeri .. mohon kira'a bantuan informasi'a dimana saya mendapatkan sapu
    lidi tersebut untuk partai besar,, kalau cocok akan saya order terus tiap bulan'a..

    hubungi atau whatsappa aja no saya
    081806754675 .. dibutuhkan cepat ,, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerah saya banyak sapu lidi pak,mana tau bisa kerja sama di bidang pasarnya.. soalnya di daerah saya pasarnya blm begitu besar.

      Hapus
  8. ssaya juga lagi butuh sapu untuk jumlah yang lumayan besar, kalau ada informasi jenis dan harga sapu mohon bisa di share ke email saya uawal41@yahoo.co.id atau hubungi saya langsung 087719514272

    BalasHapus
  9. salam, barangkali ada teman pengusaha pengrajin sapu lidi yang membutuhkan Hidrogen Peroxide ( H2O2 ) untuk memutihkan lidi hingga putih bersih, harap hub tlp/wa : 082111854525

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tnya gan untuk cara nya bagaimana ya sapu lidi di kasih h2o2 .

      Hapus
  10. Salam, Barangkali ada teman pengrajin sapulidi yang membutuhkan Hydrogen Peroxide (H2O2), dapat menghubungi kami di tlp/wa: 082111854525

    BalasHapus
  11. Salam, Barangkali ada teman pengrajin sapulidi yang membutuhkan Hydrogen Peroxide (H2O2), dapat menghubungi kami di tlp/wa: 082111854525

    BalasHapus
  12. Moga tambah sukses pak bos,aku pengrajin sapu taman jawa timur fb new tunas,tlpn 082234268389

    BalasHapus
  13. salam bos, semoga sukses aku pengrajin sapu lidi,, dari sumatera barat,, mohon bimbingannya bisa exsport sapu lidi ke luar negeri,, trims

    BalasHapus
  14. PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
    Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
    Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
    Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
    jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
    Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
    TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
    silakan teman-teman, semoga Anda semua yang terbaik, Anda dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut dan bantuan melalui email saya. husseinanwar150@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  15. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  16. Hello
    everyone who is seeing this all over the world, there are a lot of scammers in this site, I have good news to share. please join me to be happy and grateful to the lending company. I just got a loan from a legitimate ELINA JOHNSON the one in charge of ALL GRANT.
    They give all kind of loan ranging from The minimum amount 5,000 to 500,000,000.00 on the following currency:United State Dollars,Europe and Great British Pounds(GBP)., once you contact them they will process your loan for you, all you have to do is contact the the mother Elina on elinajohnson22@gmail.com, you can also contact the on her WHATSAPP ( +2348147739239 ).
    If you want further explannation you can contact me on my email....wahyunielvin@gmail.com.
    Please be aware that it is only the mothers company you can get a loan from, so beware of other lenders.
    Thank you, may Allah guard and protect you All....Amin

    BalasHapus
  17. Bermanfaat sekali jangan lupa mampir ya buat yang suka main togel online cuma di keris4d > Keris4d.co Main Togel, Casino Dan Taruhan Bola Online Aman dan Terpercaya

    Untuk coba bermain dan daftar cukup klik salah satu link dibawah ini yah kak.

    KERIS4D KERIs4d.CO

    Bandar Togel
    Situs Togel
    Agen Togel
    togel online

    bandar togel online
    situs togel online
    agen togel online

    bandar togel terpercaya
    situs togel terpercaya
    agen togel terpercaya

    Modal 1rb menang 2 Angka dapat Rp 70.000,-
    Modal 1rb menang 3 Angka dapat Rp 400.000,-
    Modal 1rb menang 4 angka dapat Rp 3.000.000,-

    bandar togel aman
    bandar togel terbesar
    agen togel terbesar
    situs togel terbesar

    Diskon 2D = 29%, 3D = 59% dan 4D = 69%
    Dapat bonus deposit harian mulai dari Rp 5.000,- sampai Rp 25.000,-
    hadiah hiburan terbalik ada
    hadiah hiburan prize 2 dan 3
    Paling gila lagi Ada cashback bulanan sampai dengan 5% WOW!!

    bandar togel hongkong
    agen togel hongkong
    situs togel hongkong

    bandar togel singapura
    agen togel singapura
    situs togel singapura

    Cuma di keris4d kamu bisa nyaman bermain karena CS nya ramah 1x24 jam siap melayani.
    8 Pasaran Togel Online Resmi (Togel Bastia, Togel Korea, Togel Sydney, Togel Singapura, Togel Saigon, Togel Jakarta, Togel Genova, Togel Hongkong)
    Dapetin sampai dengan 2.5% setiap teman kamu bermain cukup daftarkan teman jadi referral kamu aja.

    togel online terpercaya
    togel online singapura
    togel online hongkong

    Rekomendasi banget loh dari
    WIKIPEDIA
    Tokopedia
    Bukalapak


    http://keris4d.co/?ref=ref11515 BANDAR TOGEL ONLINE TERPERCAYA

    BalasHapus
  18. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus

  19. SITUS DOMINOQQ DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN TERPECAYA SE-ASIA S1288POKER


    DAFTAR SLOT GAMES FREESPIN TERPECAYA DAN RESMI S128CASH


    MASIH BANYAK PERMAINAN CASINO LIVE POKER CEME SABONG AYAM DAN PERMAINAN LAIN SERUNYA !! TENTUNYA EVENT BONUS PROMO SETIAP BULAN NYA YANG MANTAPPP ^^
    CS 24jam Online
    JANGAN SAMPAI KEHABISAN FREECHIPSNYA !!

    SEHAT SELALU UNTUK KITA SEMUA ...ALWAYS THANKFULL AND GRATEFULL ^^

    BalasHapus
  20. Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Salam
    THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
    Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

    BalasHapus