Rabu, 08 Februari 2012

Tepung Bulu Ayam (Garut, Jawa Barat)

Perjalanan kali ini mengunjungi salah satu UKM di daerah Kabupaten Garut, yang produknya sangat menarik...

Produk tepung bulu ayam..sudah banyak literatur dan penelitian yang mengupas masalah tepung bulu ayam ini..

Sebelum melakukan pertemuan dengan pemiliknya mengenai model bisnis usaha ini, beberapa artikel dan hasil penelitian harus dibaca dulu nih..setidaknya membuat diskusi menjadi lebih menarik...


Ahhh..setelah perjalanan 4 jam dari Jakarta..akhirnya sampai juga di Garut..kota yang terkenal dengan dodolnya.

Setelah menginap semalam  di garut..bangun pagi... sarapan... mulai perjalanan menuju lokasi pabrik...

Perjalanan ke lokasi membutuhkan waktu yang sangat panjang,tapi pemandangannya luar biasa..melalui gunung..melalui pantai...hmmmm..




Secara makro, sektor peternakan mampu berkontribusi cukup besar terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB), ketahanan pangan, peningkatan rata-rata pendapatan penduduk nasional dan penciptaan  lapangan kerja. Sebagai gambaran, saat ini pembangunan peternakan memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar Rp 86 triliun dan melibatkan 4 juta rumah tangga peternak.


Oleh karena itu tidak mengherankan jika sektor peternakan diharapkan sebagai sektor pertumbuhan baru, baik dalam bidang pertanian maupun ekonomi nasional.
http://www.bni.co.id/Portals/0/Document/Potret%20Industri%20Pakan%20Nasional%20%28Mitra%29%20final.pdf


   
(Published by PT Bank Mandiri (Persero)  http://www.bankmandiri.co.id/indonesia/eriview-pdf/LGYL50533344.pdf

Perkembangan yang pesat dari industry di tanah air saat ini tidak terlepas dari industry penunjang lainnya yaitu industry pakan ternak. Diperkirakan khusus untuk memenuhi kebutuhan pakan ayam pedaging (broiler) produksi pakan terus meningkat. Hal ini terlihat dari produksi DOC (Day Old Chick) untuk ayam pedaging pada tahun 2008 sebesar 1,25 milyar ekor dengan rata-rata produksi DOC mencapai 23 juta ekor. Sedangkan saat produksi anak ayam untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia rata-rata sebesar 31 juta ekor per pekan atau 1,3 miliar ekor per tahun.   http://www.bisnis.com/articles/bibit-obat-and-pakan-ternak-masih-impor

Ditinjau dari sisi permintaan, konsumsi produk unggas diperkirakan masih akan tumbuh cukup tinggi dalam 5 tahun ke depan. Konsumsi daging ayam ditargetkan mencapai 7 kg perkapita/tahun pada tahun 2015 dari saat ini yang  hanya sekitar 4,8 kg perkapita/tahun.
http://www.bankmandiri.co.id/indonesia/eriview-pdf/LGYL50533344.pdf

              

Pakan menjadi komponen yang sangat vital dalam usaha ternak, hal ini disebabkan karena baiaya pakan merupakan komponen terbesar dalam usaha peternakan mencapai 60 – 75%. Untuk itu salah satu kunci utama keberhasilan usaha peternakan adalah bagaimana kita dapat menguasai pembuatan pakan yang baik, bernilai ekonomis dan memiliki daya saing di pasaran.

Penggunaan bahan pakan sumber protein memegang peranan yang sangat utama dalam menyusun formula untuk pakan ternak agar dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal.
Pada saat ini kebutuhan bahan pakan sumber protein konvensional dimana masih menggunakan kedelai dan tepung ikan.

Kebutuhan bahan baku  industry pakan ternak  nasional terhadap protein konvensional seperti bungkil kedelai mencapai 1,62 juta ton pertahun dan masih bergantung kepada impor.

Ketergantungan industry pakan ternak unggas ditanah air merupakan salah satu persoalan yang sangat penting untuk dipecahkan dimasa mendatang. Karena kebutuhan kedelai masih bergantung kepada impor dan merupakan komoditi pangan yang sangat penting untuk tempe dan tahu.


                         

Salah satu produk limbah yang tersedia dalam jumlah banyak dan belum dimanfaatkan secara optimal sebagai bahan baku pakan adalah bulu ayam/unggas. Bulu ayam berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber protein pakan alternatif pengganti sumber protein konvensional seperti bungkil kedele dan tepung ikan.

Bulu-bulu itu dapat dimanfaatkan untuk campuran pakan ruminansia, non ruminansia, dan unggas. Dukungan ketersediaan limbah berupa bulu sangat terjamin kontinuitasnya sehubungan jumlah ayam yang dipotong dari tahun ke tahun semakin meningkat sehingga bulu ayam yang dihasilkan juga meningkat. Pemanfaatan limbah bulu menjadi pakan ternak sangat memberikan dampak positif karena sekaligus mampu mengatasi permasalahan limbah bulu apabila tidak dikelola dengan baik.




Bulu ayam mengandung protein kasar sekitar 80-91 % dari bahan kering (BK) melebihi kandungan protein kasar bungkil kedelai 42,5 % dan tepung ikan 66,2 %
http://www.majalahinfovet.com/2007/12/pakan-ternak-tumbuh-7-pertahun-capai.html

Pemanfaatan limbah bulu ayam sebagai sumber protein broiler diyakini mampu meminimalkan dampak lingkungan dari limbah bulu ayam dan menciptakan ramah lingkungan industri peternakan.



PD Cipta Mandiri adalah salah satu bisnis yang melakukan pengolahan tepung bulu ayam yang terletak di  Kabupaten Garut. 

Keberadaan perusahaan ini banyak memberikan dampak sosial yang baik bagi masyarakat sekitarnya, serta membantu komunitas lokal karena bisnis dijalankan di daerah pedesaan dengan teknologi sederhana dan skala kecil.



Perusahaan mempekerjakan 20 karyawan, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku bulu ayam perusahaan bekerja sama dengan 12 koordinator  pengepul bulu ayam dan 300 kolektor bulu ayam di wilayah Bandung dan sekitarnya

Meningkatkan pendapatan rumah tangga dan meningkatkan pendapatan daerah merupakan dampak positif pada Masyarakat Yang broiler terutama berada disekitar pemotongan ayam.


Memberikan nilai ekonomi yang lebih baik, meningkatkan pendapatan petani / pedagang ayam.
Pemanfaatan tepung bulu ayam sebagai bahan baku industri menjadi komoditas perdagangan adalah membuka lapangan kerja,

Keberadaan dan perkembangan industri bulu makan memiliki dampak positif bagi daerah
Pemanfaatan limbah bulu ayam broiler mampu meminimalkan dampak lingkungan dari limbah bulu ayam

Menciptakan industri peternakan yang ramah lingkungan.

Dalam kegiatan proses produksi, perusahaan merancang mesin sendiri yang digunakan agar sesuai dengan spesifikasi produk, dan mempekerjakan 20 orang yang bekerja.


Perusahaan ini memiliki pabrik di lokasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku mengenai pengolahan limbah.

Mulai 2009 mesin produksi memiliki kapasitas 40 ton sebiulan dan dimulai Agustus 2011 perusahaan memiliki mesin produksi yang berkapasitas 200 ton perbulan.

Peningkatan margin yang signifikan ditahun 2011 disebabkan perusahaan telah menggunakan mesin yang baru dengan kapasitas mesin oven produksi dari 450 kg menjadi 1200 kg, dan masa pembakaran yang sebelumnya selama 3 jam per siklus menjadi 1,5 jam persiklus, dengan demikian terjadi penghematan biaya produksi seperti listrik dan batu bara.

Masih banyak pengalaman dan cerita yang ingin dibagi...tapi...wah sudah mati lampu...sudah dulu ah


55 komentar:

  1. Mas Minta alamat PD Cipta Mandiri Garut
    Kirim ke email atau bales di blog ini.
    terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
    2. Pak sy klw bisa sy minta nomor hpnya sy mau jual bulu ayam kering..di tempat sy tinggal sy yg mengelola bulu ayam dari pemotongan skala besar...ini nomor hp sy 08999375165

      Hapus
  2. kalau boleh tw alamat dan nomor hp kantor bapak karna kami berminat menjual buluayam kering ke perusahaan bapak...
    kirim saja alamatnya ke nomor 082368364415

    BalasHapus
  3. Tololong minta alamat di garut atw no hp nya. Trims

    BalasHapus
  4. minta alamat pak,, kirim ke 082138274607

    BalasHapus
  5. bagi yang membutuhkan bulu ayam bisa kontak kami 082138274607

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat nya dmn mbak saya mau jalin kerja sama

      Hapus
  6. Mejuah juah bang. Aku Mbera Medan nari. Mohon ajarindu aku cara tahap demi tahap erbahan tepung e bang, bujur ras mejuah juah

    BalasHapus
  7. pak Andy minta alamat kntor ma no hp nya.kirim ke 085726896172

    BalasHapus
  8. Pak brp nmt tlpn dan email. ? Sya berminat dengan mesin tepung bulu ayam

    BalasHapus
  9. boleh saya minta alamat PD Cipta Mandiri Garut karena saya merasa tertarik u/ menjual bulu ayam dalam keadaan 90% kering
    email saya ridhokidol17@gmail.com
    no hp : 08994059449

    BalasHapus
  10. boleh saya minta alamat PD Cipta Mandiri Garut karena saya merasa tertarik u/ menjual bulu ayam dalam keadaan 90% kering
    email saya ridhokidol17@gmail.com
    no hp : 08994059449

    BalasHapus
  11. boleh saya minta alamat PD Cipta Mandiri Garut karena saya merasa tertarik u/ menjual bulu ayam dalam keadaan 90% kering
    email saya ridhokidol17@gmail.com
    no hp : 08994059449

    BalasHapus
  12. Boleh minta nomer telpon nya ... saya perlu tepung bulu ayam +/- 2 ton per minggu... kirim ke nomer 0812 9919 1818

    BalasHapus
  13. Boleh minta nomer telpon nya ... saya perlu tepung bulu ayam +/- 2 ton per minggu... kirim ke nomer 0812 9919 1818

    BalasHapus
  14. ass.wr.wb....saya tertarik dengan tepung bulu ayam

    BalasHapus
  15. saya tertarik tepung bulu ayam, ini nope nya 081321625577

    BalasHapus
  16. boleh saya minta alamat PD Cipta Mandiri Garut karena saya ingin diskusi dan memiliki konsep produksi dengan enzimatis untuk pembuatan tepung bulu ini.
    email saya budi.kr317@gmail.com
    no hp : 082122217338

    BalasHapus
  17. Bisa minta nomer hp dan alamat pd cipta mandiri. Karena saya perlu tepung bulu lokal

    BalasHapus
  18. Yang minat usaha tepung bulu ayam bisa wa saya di 087855297999 terimakasih

    BalasHapus
  19. PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
    Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
    Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
    Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
    jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
    Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
    TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
    silakan teman-teman, semoga Anda semua yang terbaik, Anda dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut dan bantuan melalui email saya. husseinanwar150@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  20. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  21. ===> BONUS DEPOSIT HARIAN <===

    DONACOPOKER merupakan website judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para pemain dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===

    http://www.donacopoker.info/poker-online/poker-online-uang-asli-di-indonesia/
    http://www.donacopoker.info/cara-bermain/cara-bermain-poker-melalui-atm/
    http://www.donacopoker.info/cara-bermain/bermain-judi-online-domino-di-donacopoker/

    Ayo main sekarang di DonacoPoker.net

    BalasHapus
  22. PROMO NEW MEMBER 15%

    Delegasi Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa layanan untuk permulaan akun permainan judi atau taruhan online guna kamu di agen judi online yg berkelas International, jadi dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Yang Merupakan Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

    http://www.bolazeus.net/tag/rahasia-poker-online/
    http://www.bolazeus.net/tag/rahasia-poker-tanpa-deposit/
    http://www.bolazeus.net/2018/07/27/posisi-kursi-pada-meja-poker-bisa-menjadi-tolak-ukur-kemenangan/

    Ayo daftar sekarang di bolazeus.net

    BalasHapus
  23. Kepada Yth,
    Up.IMPORT DEPT/PURCHASING.
    Di Tempat,
    Perihal jasa handling import & Door To Doo/ Customs clearance

    Kami dari,PT. ANUGRAH LESTARINDO ASIA Adalah Perusahaan Jasa Import Borongan Door To Door Service yang Ada Di Indonesia. Kami Adalah Solusi Tepat Untuk Jasa Import PT.ANUGRAH LESTARINDO ASIA Telah Membuktikan Kualitas yang Sangat Baik Dengan Harga Yang Paling Murah, Cepat, Terpercaya, Dan Bergaransi 100% Telah Menjadikan Rekan Bisnis Terpecaya Dalam Jasa Import Borongan.Trading, Pengiriminan barang Via SEA &AIR



    Kami dapat membantu anda dalam meng import barang Seperti

    ü : Sparepart, Accesoris, Elekronik, Mesin, Garmen,

    ü : Kosmetics,Kimia

    ü : Textile, Alat Kesehatan, Makanan, Cairan, Supplement,DLL

    Dari Beberbagai Negara Seperti

    Guang Zhou, Yi Wu, Singapore,Hongkong, Malaysia, Thailand, Taiwan, Korea, Jerman, USA, DLL.



    membuat kami berbedadari Ratusan Cargo Import lainnya, yaitu :

    Menerima pengiriman barang FCL & LCL By Sea maupun By Air dan perlu diberitahukan bahwa waktu pengiriman By Sea 25-40 hari By Air 5-7 hari Door To Door Service. Harga kami sudah all in tidak lagi dikenakan pajak dan biaya lain-lain... SudahBorongan.(ALL IN)



    ü Menerima Pick Up barang ditempat supplier.

    ü Menerima pengiriman dari Manca Negara (World Wide Hongkong, China, Korea,

    ü Thailand, Taiwan, Singapore, German, USA, Dan Lain-lain).

    ü Memiliki website pemantauan barang yang di mana costumer dapat memantau

    ü Barangnya hingga tujuan.

    ü Semua barang Bergaransi 100% Untuk Barang yang Hilang Maupun Rusak



    (NOT:Jika ada barang import yang tertahan di BC,atau di BANDARA kita bisa membantu proses penguluaranya)

    Hormat kami
    PT. ANUGRAH LESTARINDO ASIA

    Mr. ILHAM MAULANA
    HP/WA:0852-1991-5110


    Head Office : Jl. Raya Panggung No. 56, Jatibening Pondok Gede, Bekasi–Indonesia 17412
    Telp :021-849-85476
    Fax :021-849-88591
    email :info.ptanugrahlestarindoasia@gmail.com

    ilham@alasia.co.id

    websit :http://jasaimportptanugrahala.blogspot.com

    www.alasia.co.id

    BalasHapus
  24. Agen Penyedia Daftar S128 Sabung Ayam Terpercaya Hanya Di ZEUSBOLA!

    Hobby Taruhan Adu Ayam Jantan ? Segera Gabung Bersama Kami Disini !

    Dapatkan Fasilitas Dari Agen Resmi S128 Sabung Ayam ONLINE

    • Layanan Customer Service Online 24Jam
    • Agen Resmi Bersertifikat Resmi Dari Pusat S128, Sv388, Kungfuchicken
    • Menerima Deposit All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel, Xl/Axis ( RATE MENGEJUTKAN )
    • Menerima Deposit Via APK Ovo
    • Menerima Deposit Via APK DANA
    • Pelayanan Terbaik, Teraman Dan Terpercaya ( FAST RESPON )

    Join Now, Bersama Agen Resmi S1288 Sabung Ayam Online Di http://www.bolazeus.biz/
    !!

    Contact Person Us :
    Link : Www . BOLAZEUS . COM
    Whatsapp : 0813-3355-2228
    SMS : 0813-3355-2228

    BalasHapus
  25. ZEUSBOLA | AGEN SPORTBOOKS ONLINE | LIVE CASINO | SABUNG AYAM | SLOT GAME | POKER ONlINE
    Untuk Anda semua para BETTOR di seluruh Indonesia..
    Kami ZEUSBOLA ingin menjagak Anda semua bergabung bersama kami

    Kami memiliki nilai PLUS seperti :
    - Pendafaran User ID baru tidak di pungut biaya !!
    - Minimal Deposit VIA ATM, OVO, LINKAJA, DANA, GOPAY dan WIthdraw Rp.50.000,-
    - Minimal Deposit VIA PULSA Rp.25.000,-
    - Pelayanan CS kami yang Profesional, Ramah & Sopan siap melayani Anda 24 Jam 7 Hari NONSTOP !!
    - Data & Privasi Member DIJAMIN AMAN !!!
    - Kami menyediakan 5 Bank yaitu : BCA - BNI - BRI - MANDIRI - CIMB NIAGA

    Join Now, Bersama Situs Zeus Bola Berlisensi Resmi.

    Live Chat : zeusbola
    Whatsapp Zeusbola : +62 813-3355-5996


    Link Alternatif ZEUSBOLA :
    http://104.248.148.252/
    Zeus Bola

    Daftar Judi Online Deposit Via LinkAja Tcash
    http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/
    Sabung Ayam Deposit LinkAja – S128 LinkAja


    Poker Pulsa
    Judi Poker Pulsa
    Slot Pulsa
    Judi Slot Pulsa

    BalasHapus
  26. ayo bergabung dengan Bolavita banyak bonus2 paling menarik
    dan tanpa ribet syarat cuma depo dan langsung di berikan
    Proses depo wd secepat kilat buktikan sendiri ^^ s128 sabung ayam

    info lebih lanjut:

    WA: +628122222995

    BalasHapus
  27. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    Info hub
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  28. Winning303
    Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Dapatkan Kemudahan Dengan Deposit Via Pulsa..Bermain Tanpa Ribet...
    Proses Cepat dan Aman...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: 087785425244

    BalasHapus
  29. Daftar Judi Online Deposit Pulsa , Ovo , Gopay , Linkaja , Dana , Paypro

    Hanya 1 Akun Permainan Dapat Mengakses Seluruh Permainan Yang Tersedia

    Daftarkan Teman Anda Bersama Bandar http://104.248.148.252/ , Dapatkan Bonus REFERRAL.

    Keamanan & Kenyamanan Member Merupakan PRIORITAS UTAMA KAMI, Berapapun Kemenangan Anda Akan Dibayar Tuntas!

    Anda MENANG, Kami SENANG BOSSS

    Segara Daftar Bandar Judi Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan Di ZEUSBOLA.WIN, Untuk PENDAFTARAN SEGARA KLIK DISINI

    Baca Juga :
    Artikel Judi Online Terpercaya
    Bandar Judi Deposit Pulsa

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA
    Whatsapp : wa.me/6281333555996
    Telegram : t.me/zeusbola

    BalasHapus
  30. Permainan Poker Online dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan karena peminatnya yang termasuk banyak. Untuk menikmati game judi online ini, saat ini kamu dapat memainkannya melalui smartphone android atau ios milikmu.

    Poker Ayam Juga Selalu Memberikan Informasi Freebet, Freechip, Koin Gratis Permainan Games Poker Uang Asli, Texas Holdem, Bandar Ceme Keliling, Capsa Susun, Domino QQ, Kiu-Kiu, Kyu-Kyu Online, Games Khusus Samgong Online, Blackjack 21, dan Live Poker Online Serta Casino Wars Terpercaya di Indonesia.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * https://pokerayam.club/agen-poker-online-deposit-bank-mandiri-24-jam/
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  31. BISA DEPOSIT PAKE PULSA

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan mater bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.

    Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man buat beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    https://zeus303.com

    promo s128 adu ayam

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 login nova88, main langsung maxbet nova88.

    BalasHapus
  32. PROMO BONUS NEW MEMBER 15%
    ZeusBola merupakan mater bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di ZeusBola.

    Sbg Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    Situs Slot Pulsa

    Situs Poker Pulsa

    Agen Joker Pulsa

    Agen Togel Pulsa

    Agen Sbobet Pulsa

    BalasHapus
  33. ID303.WEBSITE - MELAYANI JASA PEMBUATAN AKUN BERMAIN JUDI ONLINE

    1. SPORTBOOKS (SBO,IBC)
    2. LIVECASINO (GD88, CBO, WM)
    3. TEMBAK IKAN
    4. SLOT
    5. TOGEL (KLIK4D, HOREY4D)
    5. POKER ONLINE (FIFAPOKER)
    6. SABUNG AYAM (S128, CLUB88)


    Game Slot Deposit Via Pulsa
    Casino Slot Game Indonesia
    ID303
    Situs Poker Online Uang Asli
    Situs Judi Online Uang Asli
    Link Alternatif Fifapoker
    FifaPoker Agen Judi Poker Pulsa Terbaik dan Terpercaya
    BONUS WIN7X BEBAS ARENA ID303
    BONUS WIN7X BEBAS ARENA ID303
    BONUS WIN7X BEBAS ARENA ID303

    BalasHapus
  34. Pokervita Agen Judi Domino99 Pulsa Resmi Yang Melayani Penggemar Judi Domino QQ DI Indonesia. Hanya Dengan Deposit Sebesar IDR 10.000 Pemain Dapat Menikmati Judi Domino QQ Via Pulsa, Dana, Linkaja, OVO, GoPay Dan Semua Bank Lokal Indonesia.

    Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Holdem Poker
    Judi Poker Online
    Bandar Sakong Online

    Judi Kartu Gaple Domino Pulsa
    Permainan Situs Domino QQ
    Daftar Judi Bandar66 Deposit Pulsa Terpercaya 2020

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  35. Dapatkan Penghasilan Tambahan Disini..
    Donaco Poker.. Agen Terpercaya dan Teraman..
    Kemenangan besar bisa di dapatkan...

    Cukup Deposit 10rb anda bisa dapatkan semuanya...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  36. Ayam Layer Petelur ini bisa menghasilkan 200 telur loh. Mau tau kelanjutan selanjutnya ? kunjungi situs artikel ayam kami di https://tajenonline.live

    BalasHapus
  37. PROMO MEMBER BARU 15%

    ZeusBola merupakan mater bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

    Sbg Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    Whatsapp : 0813-3355-2228
    LINE : zeusbola
    BBM : bolazeus

    BalasHapus
  38. BANDAR JUDI SLOT PALING LENGKAP DENGAN 1 USERID BISA MEMAINKAN SEMUA PERMAINAN
    WELCOME BONUS UNTUK PERMAINAN SLOT 50% MAKSIMAL 1.000.000 IDR
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot 888 Dragon
    Slot Caisen Cash
    Slot Joker Jewel
    Slot Aztec Gem

    LINK AKSES :
    Agen Togel Online
    Museumbola Slot IDN

    BalasHapus
  39. ZeusBola - Main Sabung Ayam Online S128
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Bonus Hingga 5 Juta Rupiah
    Pendaftaran : http://zeusbola.vip

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Jadwal S128 Sabung Ayam Online 19 Juli 2020

    BalasHapus
  40. Situs Togel Invest Bebas Line Hanya Di MUSEUMTOTO – Sejauh ini, MUSEUMTOTO telah menjadi salah satu Situs Togel invest bebas line yang paling aman dan terpopuler.

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 500.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    useumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 500

    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : Jumat.000
    • 2D : 5.000

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 3 ( KLIK DISINI )

    SITUS TOGEL BEBAS LINE DI MUSEUMTOTO BISA DEPOSIT PULSA

    SITUS TOGEL INVEST BEBAS LINE HANYA DI MUSEUMTOTO

    BalasHapus
  41. Nikmati berbagai bonus menarik dari situs Sabung Ayam SV388 Terpercaya, sudah pasti menguntungkan para penggemar taruhan sabung ayam SV388. Permainan fair dengan kualitas video HD dan menang berapapun dibayar !!

    Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Daftar Sabung Ayam

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Togel
    Museumbola Joker123
    Sabung Ayam sv388
    daftar taruhan toto
    Museum Poker
    Poker Online Pulsa
    togel deposit pulsa
    Daftar Slot Pulsa
    Daftar Slot JDB
    Daftar Slot JILI
    Daftar Slot FACHAI

    BalasHapus
  42. Zeusbola Jackpot Terbesar & Terbanyak !!!

    Bergabung Bersama Zeusbola Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan Terlengkap, Teraman & Terpercaya Di Indonesia.

    Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000,-
    Minimal Deposit E-money & Seluruh Bank Lokal Indonesia : Rp.25.000,-

    == DAFTAR DISINI ==

    Hubungi Kami Melalui :

    CS Whatsapp I : (+62) 822 7710 4607
    CS Whatsapp II: (+62) 831 7602 1706
    Telegram : (+62) 813 3355 5996 ( @zeusbola )
    Line : zeusbola

    BalasHapus
  43. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    BANDAR TOGEL DEPOSIT PULSA 2021

    Situs MBO128 Memberikan Potongan Diskon Togel Online Untuk Seluruh Pasaran Dengan Potongan Diskon yang Besar sehingga dapat memberikan kesempatan kepada Pemain Invest ataupun Bandar Togel Darat mencari keuntungan.

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/register

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  44. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    KOTA: BATU MALANG JATIMMY
    WHATSAPP: +62877-4316-8500
    HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas anugerah kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang mampu secara finansial membuat hidup saya berbalik.
    Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap dapat melunasinya setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, KARINA ROLAND LOAN COMPANY mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memanfaatkannya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada orang yang terkena banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui mengatakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya telah dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA
    HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  45. SITUS SLOT, CASINO & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL / Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  46. Sering kalah dalam bermain sabung ayam ataupun game lainya?
    Jangan khwatir kawan mari join bersama kami di BOLAVITA

    Dijamin HOKI

    Info Lebih lanjut
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus
  47. Jadwal Sabung Ayam Online Filipina Hari Rabu Tanggal 29 Agustus 2021
    Kunjungi Segera Situsnya Hanya Di :

    Jadwal Sabung Ayam


    Link Jadwal Silahkan Klik Situs Ini » Jadwal Ayam Terupdate

    BalasHapus
  48. Daftar Kesini YUKK!

    Bonus Rollingan dibagikan setiap minggunya.

    MUSEUMPOKER dan MUSEUMAYAM merupakan stius agen judi terpercaya yang menyediakan berbagai permainan menarik seperti :
    - Sportsbook
    - Live Casino
    - Poker Online
    - Slot
    - Sabung Ayam

    Keduanya memiliki bonus dan cashback yang cukup menarik seperti :
    - Bonus Win 7x - 9x Beruntun Sabung Ayam
    - Bonus 7x Lose Beruntun Sabung Ayam
    - Cashback Mingguan Up To 10% Sabung Ayam dan Sportsbook
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.5%
    - Bonus Harian Poker, dan masih banyak lainnya.

    Minimal deposit adalah Rp 10.000,- dan Minimal withdraw adalah Rp 50.000,-

    Didukung oleh bank ternama dan E-Wallet di indonesia, guna mempermudah Anda untuk bertransaksi.

    Pelayanan MUSEUMPOKER tentunya 24 Jam NONSTOP melayani Anda semua ^^

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :
    WA : +62-8226-7932-581









    Bonus Ayam WIN 7X - 9X Beruntun
    Agen Poker Terbaik dan Terpercaya

    BalasHapus
  49. Mau bermain Judi Slot Online yang aman dan terpercaya ? Tentunya hanya BOLAVITA saja .

    Bolavita menyediakan permainan yang sangat banyak , yang pastinya tidak kalahnya dengan SLOT ONLINE. Dengan minimal deposit hanya Rp 50.000 saja sudah dapat memainkan permainan SLOT ONLINE. Untuk permainan SLOT ONLINE dapat dibetting dengan nominal yang cukup kecil. Jadi tidak akan menguras saldo anda di akun.

    Dapatka juga bonus bonus yang cukup menguntungkan !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #promobolavita #judionlinebolavita #bonusbolavita #bonuspragmatic #pragmaticgame #bonussetiaphari #bonusslotonlinebolavita #judibolavita #bolavitadepobsi #depositbsi

    BalasHapus