Kamis, 26 Juli 2012

Tepung bulu (feather meal)


Tulisan ini mengenai salah satu UKM yang berlokasi di daerah Kabupaten Garut Jawa Barat yang memproduksi pakan ternak dari bulu ayam.
Analisa bisnis dilakukan secara menyeluruh, dari mulai industri, perkembangan pasar dan finansial, namun disini saya hanya mau “share” mengenai industri pakan ternak ini apakah memang merupakan usaha yang prospektif.

Secara makro, sektor peternakan mampu berkontribusi cukup besar terhadap
  1. Produk Domestik Bruto (PDB),
  2. ketahanan pangan,
  3. peningkatan rata-rata pendapatan penduduk nasional dan
  4. penciptaan  lapangan kerja.
Saat ini pembangunan peternakan memberikan
       kontribusi PDB sebesar Rp 86 triliun
       melibatkan 4 juta rumah tangga peternak.
Oleh karena itu tidak mengherankan jika sektor peternakan diharapkan sebagai sektor pertumbuhan baru, baik dalam bidang pertanian maupun ekonomi nasional. http://www.bni.co.id/Portals/0/Document/Potret%20Industri%20Pakan%20Nasional%20%28Mitra%29%20final.pdf

Perkembangan yang pesat dari industry di tanah air saat ini tidak terlepas dari industry penunjang lainnya yaitu industry pakan ternak. Diperkirakan, khusus untuk memenuhi kebutuhan pakan ayam pedaging (broiler) produksi pakan terus meningkat. 

Hal ini terlihat dari produksi DOC (Day Old Chick) untuk ayam pedaging pada tahun 2008 sebesar 1,25 milyar ekor dengan rata-rata produksi DOC mencapai 23 juta ekor. Sedangkan saat produksi anak ayam untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia rata-rata sebesar 31 juta ekor per pekan atau 1,3 miliar ekor per tahun.   http://www.bisnis.com/articles/bibit-obat-and-pakan-ternak-masih-impor

   

 
http://www.bankmandiri.co.id/indonesia/eriview-pdf/LGYL50533344.pdf

Ditinjau dari sisi permintaan, konsumsi produk unggas diperkirakan masih akan tumbuh cukup tinggi dalam 5 tahun ke depan. Konsumsi daging ayam ditargetkan mencapai 7 kg perkapita / tahun pada tahun 2015 dari saat ini yang  hanya sekitar 4,8 kg perkapita/tahun.
http://www.bankmandiri.co.id/indonesia/eriview-pdf/LGYL50533344.pdf

Kebutuhan pakan ternak di Indonesia pada 2009 sebanyak 9,7 juta ton, 9,9 juta ton pada tahun 2010, dan pada tahun 2011 sekitar 11,2 juta ton. Sementara itu, kebutuhan pakan ternak pada tahun 2012 diperkirakan akan mencapai 12,3 juta ton.
http://www.bisnis.com/articles/bibit-obat-and-pakan-ternak-masih-impor

 Pakan komponen yang sangat vital, disebabkan biaya pakan merupakan komponen terbesar dalam usaha peternakan mencapai 60 – 75%.
salah satu kunci utama keberhasilan usaha peternakan adalah bagaimana dapat menguasai pembuatan pakan yang baik, bernilai ekonomis dan memiliki daya saing di pasaran.
Sebagian besar bahan-bahan masih diimpor , harga pakan ternak terus melambung akibat ketergantungan pada bahan baku impor saat ini sekitar 70% bahan baku masih diimpor, baik pakan, obat, dan teknologi lainnya.http://www.datacon.co.id/MakananTernak2008.html

                            

Kondisi 1
  1. Penggunaan bahan pakan sumber protein memegang peranan yang sangat utama dalam menyusun formula untuk pakan ternak agar dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal.
  2. Pada saat ini kebutuhan bahan pakan sumber protein konvensional dimana masih menggunakan kedelai dan tepung ikan.
  3. Kebutuhan bahan baku  industry pakan ternak  nasional terhadap protein konvensional seperti bungkil kedelai mencapai 1,62 juta ton pertahun dan masih bergantung kepada impor.
  4. Ketergantungan industry pakan ternak unggas ditanah air merupakan salah satu persoalan yang sangat penting untuk dipecahkan dimasa mendatang.
  5. Karena kebutuhan kedelai masih bergantung kepada impor dan merupakan komoditi pangan yang sangat penting untuk tempe dan tahu.
Kondisi 2
  1. Dampak Negatif yang ditimbulkan oleh industry peternakan ayam yaitu rumah potong ayam berupa terganggunya sanitasi lingkungan akibat limbah bulu ayam yang menimbulkan bau dan merupakan sumber penyebaran penyakit.
  2. Produk akhir ini sangat mengganggu kesehatan (Periasamy and Subash,2004), selain itu juga menimbulkan dampak penurunan kualitas tanah karena limbah bulu ayam sulit terurai karena memiliki keratin dan protein berupa serat, oleh sebab itu hal ini merupakan masalah yang serius bagi lingkungan (Savitha et al. 2007)
  3. Jumlah ayam yang dipotong terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga bulu ayam yang dihasilkan juga meningkat dan sekaligus menimbulkan permasalahan apabila tidak dikelola dengan baik.
 
Bulu ayam merupakan produk samping yang berasal dari pemotongan ayam. Potensi bulu ayam sebagai salah satu komponen pakan sangat mungkin mengingat perkembangan industri perunggasan di Indonesia 
berkembang pesat. 
                                       

Bulu ayam mengandung protein kasar sekitar 80-91 % dari bahan kering (BK) melebihi kandungan protein kasar bungkil kedelai 42,5 % dan tepung ikan 66,2 %
Pemanfaatan limbah bulu ayam sebagai sumber protein broiler diyakini mampu meminimalkan dampak lingkungan dari limbah bulu ayam dan menciptakan ramah lingkungan industri peternakan.
http://www.majalahinfovet.com/2007/12/pakan-ternak-tumbuh-7-pertahun-capai.html


PELUANG PASAR

Pakan ternak kebutuhan di Indonesia pada 2009 sebanyak 9,7 juta ton, 9,9 juta ton pada tahun 2010, dan pada tahun 2011 adalah sekitar 11,2 juta ton. Sementara itu, kebutuhan untuk pakan ternak pada tahun 2012 diperkirakan akan mencapai 12,3 juta ton.
http://www.bisnis.com/articles/bibit-obat-and-pakan-ternak-masih-impor

Ditinjau dari sisi permintaan, konsumsi produk unggas diperkirakan tumbuh cukup tinggi dalam 5 tahun ke depan. Konsumsi daging ayam ditargetkan mencapai 7 kg per kapita / tahun pada tahun 2015 dari saat ini yang hanya sekitar 4,8 kg per kapita / tahun. http://www.bankmandiri.co.id/indonesia/eriview-pdf/LGYL50533344.pdf

 

 KETERSEDIAAN BAHAN BAKU

Didalam tabel ini adalah cara menghitung ketersediaan bahan baku, dengan melakukan penghitungan ini akan lebih meyakinkan mengenai ketersediaan bahan baku.

  

   

Setidaknya dari gambaran Industri, kebutuhan pasar dan ketersediaan bahan baku memberikan gambaran apakah UKM ini memiliki potensi untuk berkembang? 

Sedikit gambaran msecara umum mengenai UKM yang mengolah limbah bulu ayam menjadi tepung bulu (feather meal)

PD CIPTA MANDIRI
  1. didirikan pada tahun 2008, oleh Aris Hermawan.SE,  belum mendapatkan fasilitas pembiayaan dari Bank seluruh investasi dan kebutuhan modal kerja menggunakan modal mereka sendiri.
  2. Tahun 2003 - 2006, Mr Aris Hermawan.SE bekerja di Dong Woon Sab Ub (Korea Selatan) salah satu perusahaan yang memproduksi feather meal.
  3. Kembali ke Indonesia, mengembangkan bisnis tepung bulu. dengan memahami situasi pasar dan melakukan eksperimen untuk mesin 2007 sampai pertengahan tahun 2008,
  4. Dalam kegiatan usaha Bapak Aris Hermawan.SE menemani oleh Mr Yusep Hikmat Firdaus.
  5. Sebelum memutuskan untuk membuat pabrik pengolahan dan makan mesin bulu Pak Aris dan Yusep bertemu dan berdiskusi dengan Mr Abbas Arfanni (CV. ARIMA), salah satu pabrik pupuk pemasok Japfa Comfeed Pemalang, Jawa Tengah Kontrak segera menawarkan 150 ton / bulan,
SOSIAL ASPECT
       Membantu masyarakat lokal di daerah Kabupaten Garut karena bisnis yang dijalankan di daerah pedesaan Perusahaan ini telah mempekerjakan 20 karyawan.
       Berkolaborasi dengan 12 kolektor kepala di beberapa daerah - dan 300 kolektor bulu ayam di daerah Bandung untuk memasok bahan baku.
       Membantu peternak unggas, ikan rumnansia petani atau dalam penyediaan makanan murah.
       Meningkatkan pendapatan rumah tangga dan untuk meningkatkan pendapatan lokal adalah dampak positif pada masyarakat terutama mereka yang tinggal di sekitar pemotongan ayam broiler.
       Memberikan nilai ekonomi yang lebih baik, peningkatan pendapatan petani / pedagang ayam.
       Pemanfaatan bulu sebagai makanan bahan baku industri menjadi komoditas perdagangan adalah membuka kesempatan kerja,
       Keberadaan dan pengembangan industri bulu makan memiliki dampak positif bagi wilayah tersebut.
       Pemanfaatan limbah bulu ayam broiler mampu meminimalkan dampak lingkungan dari limbah bulu ayam
       Menciptakan industri peternakan yang ramah lingkungan.
 
          

Dari grafik diatas terlihat saat ini perusahaan masih memiliki pasar yang sangat luas, kemampuan produksi saat ini hanya mampu memenuhi 13% dari permintaan pasar yang potential.

11 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
  2. SALAM KENAL KAMI INGIN MENAWARKAN TEPUNG SEKAM DENGAN MES 100.SANGAT COCOK UNTUK CAMPURAN GTEPUNG INDUSTRI .HARGA KAMI JAMIN MURAH KARNA KAMI PRODOKSI LANGSUNG,INFO HUB/SMS ONLI,08175750078

    BalasHapus
  3. Mejuah-juah pak
    Saya mau pesan tepung bulu ayam untuk penelitian, ada nomor yang bisa saya hubungi pak?

    BalasHapus
  4. PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
    Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
    Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
    Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
    jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
    Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
    TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
    silakan teman-teman, semoga Anda semua yang terbaik, Anda dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut dan bantuan melalui email saya. husseinanwar150@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  6. Saya Kehilangan banyak uang waktu untuk perusahaan pinjaman palsu mencoba untuk mendapatkan pinjaman. tetapi itu tidak terjadi lagi.

    Yah, saya melihat komentar di blog oleh Marianne Low yang memberi kesaksian tentang mendapatkan pinjaman dari seorang ibu Susan bowman, yang saya pikir menjadi salah satu perusahaan palsu ini. Kemudian saya memutuskan untuk menghubunginya dan mencobanya lagi .... Untuk kejutan terbesar saya setelah mengikuti semua protokol dan prosedur yang diberikan kepada saya oleh ibu Susan. Kemudian dia meyakinkan saya bahwa saya akan dibiayai oleh bank langsung dari Indonesia yang harus saya pegang. Saya menunggu sampai pinjaman saya diproses dan disetujui dan kemudian saya mendapatkan pinjaman saya saya mengajukan permohonan untuk langsung ke rekening bank saya tanpa biaya tambahan ... Semoga Allah memberkati ibu Susan untuk pekerjaan luar biasa yang dia lakukan ..... Sebagian besar teman saya yang membutuhkan pinjaman juga diterapkan dan mereka mendapat pinjaman juga ....

    Anda dapat menghubungi ibu Susan bowman dengan email ini (Susanbowmanloancompany@gmail.com)
    Juga di whatsapp +18597771805
    untuk pinjamanmu sendiri dia tidak menipuku

    Dan jika Anda juga dapat menghubungi saya di email ini jika Anda takut: aelok36@gmail.com

    BalasHapus
  7. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang CREDIT UNION DAYA LESTARI di salah satu blog saya menghubungi CREDIT UNION DAYA LESTARI konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    Calls Only ::{+12542276869}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    BalasHapus
  8. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  9. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  10. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus