Senin, 29 April 2013

Jagung, (Potensi dan Prospek..)

Kali ini melakukan kunjungan ke daerah Purbalingga, usaha penggilingan jagung. Hasil produksi pipilan jagung selain dijual kepada produsen pakan ternak besar juga digunakan sendiri untuk membuat pakan ternak yang dijual kepada para peternak ditingkat lokal.

Mengapa usaha ini menarik....? 
secara umum saya coba menggambarkan mengenai pertumbuhan industri, potensi dan prospektif usaha kedepan. 




Dalam penulisan ini tidak akan dibahas secara detail mengenai laporan finansial usaha serta angka-angka proyeksi, tetapi hanya memberikan bahwa ini adalah salah satu UKM yang memang layak untuk dibantu dan melakukan investasi. 






Industri

Peran jagung dalam ekonomi nasional, khususnya di pedesaan, juga sangat penting. Saat ini, rumah tangga jagung merupakan rumah tangga terbesar kedua setelah padi yaitu 6,71 juta kk (37,63%) dari 17,83 juta kk padi, palawija dan tebu. Peran ini semakin besar apabila juga dihitung multiplier effek dari agribisnis jagung. 



Jagung merupakan komponen terpenting pakan pabrikan di dunia, terutama di daerah tropis. Di Indonesia, sekitar 51 persen komponen pakan pabrikan (terutama pakan komplit) adalah jagung. Kebutuhan jagung untuk industri pakan tiap tahun terus meningkat sejalan dengan perkembangan industri peternakan.

  
Komoditas jagung semakin diperlukan untuk konsumsi industri pakan ternak di Indonesia. Seiring pertumbuhan konsumsi hasil pertenakan seperti telur dan daging, maka akan semakin besar kebutuhan konsumsi jagung di sektor ini.
Perkembangan industri peternakan / pakan yang pesat, Indonesia harus meningkatkan prioritas peningkatan produksi jagung. Pemenuhan kebutuhan jagung yang mengandalkan impor akan berisiko menghambat industri peternakan dan pakan dalam negeri.

Kebutuhan jagung untuk industri pakan tiap tahun terus meningkat secara signifikan sejalan dengan pesatnya perkembangan industri peternakan. Kebutuhan jagung untuk bahan industri pakan ternak, makanan, dan minuman terus meningkat sekitar 10 sampai 15 persen per tahun. Data FAO menunjukkan bahwa total kebutuhan jagung di Indonesia tahun 2007 sebesar 13,98 juta ton. Dari total tersebut, sebesar 4,20 juta ton atau sekitar 30 persen digunakan untuk pakan Informatika Pertanian, Vol. 20 No.2, Desember 2011 : 65 – 75

 
Peran jagung sebenarnya telah berubah lebih sebagai bahan baku industri dibanding sebagai bahan pangan, diperkirakan lebih dari 55 % kebutuhan jagung dalam negeri digunakan untuk pakan sedangkan untuk konsumsi pangan sekitar 30 % dan selebihnya digunakan untuk benih. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan jagung terus mengalami peningkatan mengingat perkembangan sektor peternakan yang diiringi dengan peningkatan industri pangan dan pakan.



Potential Market
Peran jagung telah berubah lebih sebagai bahan baku industri dibanding sebagai bahan pangan,diperkirakan lebih dari 55 % kebutuhan jagung dalam negeri digunakan untuk pakan.
Untuk konsumsi pangan hanya sekitar 30 % dan selebihnya digunakan untuk benih. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan jagung terus mengalami peningkatan mengingat perkembangan sektor peternakan yang diiringi dengan peningkatan industri pangan dan pakan.

    UD Semangat Usaha adalah salah satu usaha yang berlokasi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Perusahaan ini mengolah jagung sebagai bahan baku pakan ternak. 

  
UD Semangat Usaha didirikan oleh Bapak Suwandi pada tahun 1994, berawal sebagai pembeli jagung dari petani dan menjualnya kepada para pengepul di daerah Banyumas dan sekitarnya. Berbekal dengan pengalaman ini Bpk Suwandi memulai usahanya dibidang pembuatan bahan baku jagung pakan ternak.




  1. Membantu komunitas lokal di daerah Kabupaten Purbalingga (khususnya petani jagung) karena bisnis dijalankan di daerah pedesaan dengan teknologi sederhana dan skala kecil.
  2. Mempekerjakan 12 karyawan, laki-laki.
  3. Berkerjasama dengan 20 pengepul jagung diwilayah, Purbalingga, Banyumas dan Purworejo 
  4. Pengepul bekerjasama dengan sekitar 100 petani di daerah. Sehingga total yang terlibat mencapai 1500-2000 petani. 
  5. Membuka dan menyediakan lapangan kerja, Memberikan nilai ekonomi, meningkatkan pendapatan rumah tangga di Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banyumas.
  6. Keberadaan dan perkembangan usaha ini memiliki dampak positif bagi daerah. 
  7. Meningkatkan pendapatan rumah tangga dan meningkatkan pendapatan daerah merupakan dampak positif.















Selain membuat jagung pipilan UD Semangat Usaha juga membuat pakan ternak sapi, itik dan ayam. Hasil pakan ternak ini dijual ke beberapa peternak di sekitar wilayah kabupaten Banyumas. Komposisi antara Penjualan Jagung dan pakan ternak, serta komposisi antara jenis penjualan pakan ternak yang diproduski  dapat terlihat seperti grafik dibawah ini,
 


Proses pembuatan pakan ternak ini telah mendapat uji analisa dari Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan Ternak, Fakultas Ilmu Peternakan UNSOED.


   

Berdasarkan proyeksi arus kas perhitungan kelayakan dilakukan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut: Net Benefit-Cost Ratio (NBCR), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR). Bisnis atau proyek layak secara finansial jika NBCR yang> 1, NPV> 0 dan IRR> tingkat diskonto. 

Industri ini bisa dikategorikan industri yang strategis karena memiliki banyak dampak terhadap masyarakat dan pertumbuhan industri pakan ternak..
 


Secara makro  pertumbuhan industri signifikan setiap tahun seiring dengan perkembangan industri peternakan dan pakan ternak. Keberhasilan  perusahaan ini  akan sangat tergantung pada kemampuan dari suply nahan baku dari para petani, baik tenaga kerja yang langsung menangani proses produksi maupun tenaga kerja tidak langsung yang meliputi tenaga administrasi dan manajemennya
 

3 komentar:

  1. PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
    Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
    Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
    Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
    jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
    Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
    TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
    silakan teman-teman, semoga Anda semua yang terbaik, Anda dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut dan bantuan melalui email saya. husseinanwar150@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  3. Mau bermain Judi Slot Online yang aman dan terpercaya ? Tentunya hanya BOLAVITA saja .

    Bolavita menyediakan permainan yang sangat banyak , yang pastinya tidak kalahnya dengan SLOT ONLINE. Dengan minimal deposit hanya Rp 50.000 saja sudah dapat memainkan permainan SLOT ONLINE. Untuk permainan SLOT ONLINE dapat dibetting dengan nominal yang cukup kecil. Jadi tidak akan menguras saldo anda di akun.

    Dapatka juga bonus bonus yang cukup menguntungkan !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #promobolavita #judionlinebolavita #bonusbolavita #bonuspragmatic #pragmaticgame #bonussetiaphari #bonusslotonlinebolavita #judibolavita #bolavitadepobsi #depositbsi

    BalasHapus