Jumat, 08 April 2011

Tenun Serat Alami…Eceng Gondok (Back to Yogjakarta….)

Kamis 07 April 2011
Satu pengalaman yang didapatkan dari perjalanan kali ini adalah bagaimana kehidupan yang sederhana…dengan pakaian yang sederhana..makan yang sederhana…namun memiliki perputaran “financial” ratusan juta perbulan….
Ya..bermula dari hal yang sederhana dan pemikiran yang sederhana juga lho… bisa gak sih??


 Pak Trisno…seorang yang sederhana..rumah sederhana…pakaian sederhana…makanan sederhana..pikirannya juga sederhana…
Mengenal beliau..melihat kesederhanannya..menambah satu pengalaman baru.. Ya, bagaimana mungkin seorang dengan pemikiran dan usaha yang sederhana serta pendidikan yang rendah namun bisa memutar uang hingga ratusan juta rupiah perbulan dan memperkerjakan ratusan penduduk local.
 Berpikir sederhana dengan memanfaatkan sumber daya local yang sepertinya menggangu habitat kehidupan air… ya, eceng gondok..tumbuhan yang “menganggu” sepertinya.
Bisa jadi apa ya…kok banyak bertebaran di air..tidak ada yang merawat tapi setiap hari bertambah banyak..tidak ada yang mau juga..dijual tidak laku juga..itu yang ada dalam pikiran pak Trisno..




Saat ini ..berawal dengan pemikiran yang sederhana..namun tetap dengan kesederhanannya ternyata beliau mampu merubah hal sederhana tersebut menjadi mata pencaharian bagi banyak masyarakat di sekitarnya..ratusan juta setiap bulannya, dalam setahun angka miliaran yang dihasilkannya..
Ya..terkadang kita berpikir yang berat dan berharap untuk mendapatkan sesuatu yang besar… tidak sederhana…akhirnya .. beban berat lah yang kita dapatkan..hahaha…
Pengalaman ini memberikan satu pemikiran..ada baiknya kita berpikir secara sederhana…melakukan hal-hal yang sederhana..karena dengan pemikiran yang sederhana akan terasa mudah melakukan segala sesuatu…dan semuanya akan menjadi sederhana..
Kesederhanaan akan menjadikan segalanya mudah…seberat apapun masalah yang dihadapi berpikirlah dengan sederhana…karena bila menghadapi kehidupan dengan berat…berpikir berat…hasilnya akan berat juga…dan menjalankannya pun terasa berat…
Bener gak sih..??
Pak Trisno merupakan salah satu contoh lho…mungkin ada baiknya sih kalau kita berpikir sederhana aja sekali-sekali..siapa tahu dengan kesederhanaan kita mendapatkan hal yang luar biasa..
Lakukan hal-hal kecil..siapa tahu dengan kesederhanaan  akan menjadikan segalanya menjadi mudah, sehingga menjalankannya pun mudah, dan tanpa terasa kalau kita melakukan segala sesuatu dengan mudah akan mudah juga mendapatkan kemudahan…
Mudah memberi..mudah membantu…mudah memaafkan..mudah tersenyum…mudah deh segalanya..
Lakukan hal yang kecil..jangan anggap remeh dengan yang kecil..sekecil apapun yang kita lakukan namun bila dilakukan dengan hati yang sederhana akan memberikan hal yang baik..hehehe…

1 komentar:

  1. Pak, boleh saya diinfo contact pengrajin eceng gondok di jogja?

    BalasHapus